Wednesday, May 18, 2016

Danau Toba (Sejarah Danau Toba)

Danau Toba
(Sejarah Danau Tona)
Danau Toba terbentuk dari hasil lutusa Gunung Toba

Danau Toba (Sejarah Danau Tona) Danau Toba terbentuk dari hasil lutusa Gunung Toba
Danau toba


Danau toba adalah suatu danau vulkanik yang terletak di Sumatra utara, Parapat. dengan ukuran mencapai panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer 

Danau toba ini adalah salah satu danau Vulkanik terbesar di dunia, dan juga menjadi danau terbesar  di Indonesia dan Asia Tenggara.

Ditengah tengah danu toba terdapat juga Pulau Samosir.

Pulau Samosir adalah sebuah pulau vulkanik di tengah Danau Toba di provinsi Sumatera Utara, yang memilki ketinggian 1000 Meter diatas perukaan laut (MDPL)
Dalam pebentukan Danau Toba


               Gunung Api Toba pembentuk danau toba telah Meletus sebanyak Tiga kali
Letusan pertama terjadi sekitar 840 juta tahun lalu. Letusan ini menghasilkan kaldera di selatan Danau Toba, meliputi daerah Prapat dan Porsea.
Letusan kedua yang memiliki kekuatan lebih kecil, terjadi 500 juta tahun lalu. Letusan ini membentuk kaldera di utara Danau Toba. Tepatnya di daerah antara Silalahi dengan Haranggaol. Dari dua letusan ini, letusan ketigalah yang paling dashyat.
Letusan ketiga 73.000 – 75.000 Tahun lalu menghasilkan kaldera, dan menjadi Danau Toba sekarang dengan Pulau Samosir di tengahnya.
Yang akan di bahas dalam Sejarah Danau Toba adalah Letusan yang ketiga.

Danau Toba terbentuk dari Letusan Gunung api Toba yang meletus sekitar 73.000 – 75.000 Tahun yang lalu.
Setelah letusan itu terjadi, terbentuklah sebuah kaldera yang kemudian terisi oleh air dan menjadi yang sekarang dikenal orang dengan Danau Toba. kaldera ini terbentuk oleh proses amblasan (collapse) pasca erupsi super vulcano dan kaldera toba mempunyai bentang alam yang nyaris tidak berbentuk sebuah Gunungapi sebagaimana kaldera gunungapi lainnya, itu dikarenakan sisa tubuh Gunungapi tertutupi oleh endapan piroklastika yang sangat tebal hingga lebih dari 500 m, sehingga membentuk dataran tinggi (Plateu) dengan ketinggian berkisar antara 1200-1800 m di atas permukaan laut.
Tidak hanya itu, tekanan ke atas oleh magma yang belum keluar menyebabkan munculnya Pulau Samosir. Tidak adanya zona lemah seperti celah atau rekahan-rekan untuk magma keluar menjadikan tekanan semakin kuat, sementara batuan yang didorong oleh magma tidak dapat diimbangi oleh tekanan sehingga terjadi sumbat lava dan terangkat kemudian membentuk Pulau Samosir
Menurut Bill Rose dan Craig Chesner dari Michigan Technological University memperkirakan bahwa jumlah total material pada letusan sekitar 2.800 km3 -sekitar 2.000 km3 dari Ignimbrit yang mengalir di atas tanah, dan sekitar 800 km3 yang jatuh sebagai abu terutama ke barat. Aliran piroklastik dari letusan menghancurkan area seluas 20.000 km2, dengan deposito abu setebal 600 m dengan kawah utama.
Dasyatnya erupsi supervulkano penyebaran debu itu sampai terekam hingga ke Kutub Utara

Kedahsyatan letusan gunung api raksasa (supervolcano) Toba itu bersumber dari gejolak bawah bumi yang hiperaktif. Lempeng lautan Indo-Australia yang mengandung lapisan sedimen menunjam di bawah lempeng benua Eurasia, tempat duduknya Pulau Sumatera, dengan kecepatan 7 sentimeter per tahun.
Gesekan dua lempeng di kedalaman sekitar 150 kilometer di bawah bumi itu menciptakan panas yang melelehkan bebatuan, lalu naik ke atas sebagai magma. Semakin banyak sedimen yang masuk ke dalam, semakin banyak sumber magmanya.
Kantong magma Toba yang meraksasa disuplai oleh banyaknya lelehan sedimen lempeng benua yang hiperaktif. Kolaborasi tiga peneliti dari German Center for Geosciences (GFZ) dengan Danny Hilman dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Fauzi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada 2010 menyimpulkan bahwa di bawah Kaldera Toba terdapat dua dapur magma yang terpisa.
Dapur magma ini diperkirakan memiliki volume sedikitnya 34.000 kilometer kubik yang mengonfirmasi banyaknya magma yang pernah dikeluarkan oleh gunung ini sebelumnya

Tak hanya dipengaruhi oleh aktivitas vulkanik dari dapur magma, Kaldera Toba ternyata juga sangat dipengaruhi oleh kegiatan tektonik yang mengimpitnya sehingga kalangan geolog menyebutnya sebagai vulkano-tektonik.

Tumbukan lempeng bumi yang sangat kuat dari lempeng Indo-Australia telah memicu terbentuknya sesar geser besar yang disebut sebagai Zona Sesar Besar Sumatera (Sumatera Fault Zone/SFZ). Sesar ini memanjang hingga 1.700 kilometer dari Teluk Lampung hingga Aceh. Hampir semua gunung berapi di Sumatera berdiri di atas sesar raksasa ini.

Uniknya, Kaldera Toba tidak berada persis di atas sesar ini. Dia menyimpang beberapa kilometer ke sebelah timur laut sesar Sumatera. ”Di antara Sungai Barumun dan Sungai Wampu, Pegunungan Barisan (yang berdiri di atas sesar) tiba-tiba melebar dan terjadi pengangkatan dari bawah yang membentuk dataran tinggi; panjangnya 275 km dan lebar 150 km yang disebut Batak Tumor,” papar Van Bemmelen, geolog Belanda yang pada 1939 untuk pertama kali mengemukakan bahwa Toba adalah gunung api.

Pengangkatan Batak Tumor ini, disebut Bemmelen, menjadi fase awal pembentukan Gunung Toba. Saat pembubungan terjadi, sebagian magma keluar melalui retakan awal membentuk tubuh gunung. Jejak awal tubuh gunung ini masih terlihat di sekitar Haranggaol, Tongging, dan Silalahi. Sementara sebagian besar lainnya telah musnah saat terjadinya letusan Toba terbaru sekitar 74.000 tahun lalu (Youngest Toba Tuff/YTT).

Danau Toba jelas terpengaruh oleh gaya sesar ini. Bentuk Danau Toba yang memanjang, bukan bulat sebagaimana lazimnya kaldera, menunjukkan dia terpengaruh dengan gaya sesar geser yang berimpit di kawasan ini. Sisi terpanjang danau, yang mencapai 100 km, sejajar dengan Zona Sesar Sumatera, yang merupakan salah satu patahan teraktif di dunia selain Patahan San Andreas di Amerika. Aktivitas gunung berapi di Sumatera, termasuk Toba, dikontrol oleh patahan ini. (Ahmad Arif/Amir Sodikin/Fikria Hidayat)

Begitu dahsyatnya letusan Gunung Toba hingga membentuk Danau Toba, juga hampir memusnahkan umat manusia di muka bumi ini, Akibat letusannya menimbulkan gelombang besar tsunami, serta muntahan debu vulkanik kurang lebih sekitar 2.800 kilometer kubik abu yang dikeluarkan dan menyebar ke seluruh Atmosfir Bumi

 Sejarah Danau Toba  memang membawa kesengsaraan bagi pendududukk yang hidup di masa letusan Toba. Letusannya terjadi selama 1 minggu dan lontaran debunya mencapai 10 km di atas permukaan laut. letusan ini menyusutkan jumlah manusia sampai sekitar 60% dari jumlah populasi bumi saat itu,sekitar 60 juta manusia dan letusan itu juga ikut menyebabkan terjadinya zaman es, walaupun para ahli memperdebatkannya...................................................................................................................................................................................................................................................................................................






Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Danau_Toba
http://nationalgeographic.co.id/berita/2013/12/saat-toba-meletus-malapetaka-terjadi-di-bumi

2 comments:

  1. BANDAR KARTU ONLINE TERBESAR DAN PASTINYA TERPERCAYA
    www.Zoya99.com DAPATKAN BONUS" EXTRA HANYA DISINI
    - BONUS ROLINGAN TERBERSAR
    - BONUS REFERALL TERBANYAK
    RASAKAN SENSASI SELAMA BERMAIN DISINI
    DENGAN PELAYANAN CS YANG SANGAT BERPENGALAMAN
    RAMAH, BAIK, DAN JUGA SOPAN
    DENGAN MODAL Rp.20.000 Ribu Saja
    KAMU SEMUA SUDAH BISA BERMAIN 7 GAME SEKALIGUS
    INFO
    BBM: D8B82A86
    LINE: zoya_qq
    WA: +85515370075

    Cerita Sex: http://zoyasex.blogspot.com/2017/10/sarapan-pagi-yang-sangat-nikmat.html

    ReplyDelete
  2. RASAKAN SENSASI KEMENANGAN DENGAN MEJA HOKI DAN KARTU BAGUS SETIAP HARINYA !!
    SATU - SATU NYA SITUS TARUHAN DENGAN RATING KEMENANGAN TERTINGGI DAN PENCARIAN BANDARQ NO. 1 DI GOOGLE!! :)
    Dengan Fasilitas Exclusive :
    Proses Transaksi yg jauh Lebih mudah dan Cepat!!
    Minimal Depo & WD Terjangkau cuma 20 rb!!
    Kartu di Meja juga Lebih Ringan..
    Tidak lupa juga Menemani anda Tips & Trik yg Selalu Jitu..
    Games Juga Mudah di Akses dr berbagai Gadget LHO!!!
    jangan pusing lagi bos.. Bermain dengan santai dan Tenang bersama kami!!
    karena tidak ada pelayanan se-mewah, se-profesional dan se-exclusive Hobi99.com !! ^^
    Kembangkan Hobi anda.. Warnai kartu anda yang hobi selalu kasih QQ !!! ^^
    HUB KAMI DI :
    SKYPE : HOBIQQ
    FACEBOOK : HOBIQQ
    PIN BBM : DD09567B / 7770C8B4
    Yahoo : Hobiqq@yahoo.com
    Line : HOBIQQ
    www.HOBI99.com
    www.HOBBYQQ.com
    www.HOBYQQ.com


    LINK BERITA KAMI HARI INI :

    http://forumhobiqq.blogspot.com/2017/11/pembunuh-bayaran-ini-menangis-haru-saat.html

    ReplyDelete